Rabu, 26 Januari 2011

Kenapa Harus BlackBerry?



Mungkin sudah banyak sekali artikel yang membahas masalah ini, bahkan sudah ada buku yang membahas tuntas semua tentang BlackBerry. Tapi Mila pengen mencoba memberikan ulasan sesuai dengan pengalaman yang Mila dapatkan. Meskipun sepertinya sudah terlalu terlambat, karena sudah banyak sekali orang di Negara kita yang menggunakan BlackBerry, tapi, semoga tulisan Mila ini bisa memberi sedikit informasi bagi yang belum mengetahui.

Sudah beberapa bulan belakangan ini Mila menggunakan Blackberry. Tapi, Mila nggak mendaftarkan BlackBerry Internet Service, karena di rumah Mila sudah ada koneksi internet nonstop, dan Mila menghabiskan sebagian besar waktu Mila di rumah, jadi, Mila tidak terlalu membutuhkan BlackBerry. Ya, BlackBerry memang dirancang khusus bagi orang-orang yang sering bepergian, tetapi, membutuhkan koneksi internet yang wireless untuk berhubungan dengan orang-orang terdekatnya, atau juga reka bisnisnya. Lantas, kenapa harus BlackBerry? Sekarang kan dengan handphone pun kita bisa mengakses internet di mana pun dan kapan pun kita berada. Selain itu kita juga dapat menemui tempat-tempat yang menyediakan layanan WiFi. Tapi kenapa orang-orang menjatuhkan pilihannya pada BlackBerry?

Praktis, dengan ukurannya yang cukup mungil, BlackBerry memiliki satu keunggulan dibandingkan dengan laptop atau notebook, meskipun laptop dan notebook juga menjadi kebutuhan penting saat kita tidak sedang bepergian. Tapi, praktis juga dimiliki oleh handphone, dengan ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Apa yang membedakan BlackBerry dengan handphone?

Layanan pushmail, apasih yang dimaksud dengan pushmail? Kalo menurut Mila, pushmail itu gampangnya adalah, email secara otomatis masuk sendiri ke ponsel kita. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Wikipedia. Nah, ini lah salah satu perbedaan BlackBerry dengan handphone. Kalau handphone kita harus menekan "receive" dulu baru kita bisa menerima email-email yang masuk.

Hal yang paling banyak diperbincangkan tentang BlackBerry adalah BlackBerry Messenger atau BBM. Sapa sih yang nggak tau BBM itu apa? Tapi, banyak juga yang mempertanyakan, apa beda BBM dengan YM? Nah, bedanya, BBM mengenal PIN, kalau YM tidak. Terus kalau fungsinya? SAMA! BBM sama YM sama-sama untuk chatting. Sama-sama bisa converence chat atau "groupping". Malah YM atau Skype dan teman-teman lainnya itu menurut Mila jauh lebih canggih. Karena mereka selain bisa diakses lewat BlackBerry, bisa juga dari handphone, juga PC. Mereka juga support video call. Sebenarnya sih, BBM itu cuma buat "keren-kerenan" aja. Kelemahannya juga ada, yaitu lemot. apalagi kalau malam hari. Lebih nyaman lewat Twitter malah.

Keunikan BlackBerry lainnya adalah adanya aplikasi tertentu yang hanya support untuk BlackBerry, seperti FaceBook for BlackBerry, Twitter for BlackBerry, dan UbberTwitter. Apa yang spesial dari itu? Kalau kita lihat, hampir semua artis, pengusaha, bahkan pejabat di negara kita banyak yang menggunakan BlackBerry. Nah, supaya dianggap keren, semua jadi ikut-ikutan pake BlackBerry. Cara yang bisa menunjukkan pada dunia bahwa mereka menggunakan BlackBerry ya melalui aplikasi tersebut. Jadi initinya sih cuma untuk "pamer". Toh performancenya juga ga beda jauh dengan aplikasi Twitter atau Facebook milik Nokia, SonyEricsson, bahkan Nexian.



Tapi, di balik itu semua BlackBerry memang smartphone. Yang paling spesial dan beda adalah, saat kita mengetikkan huruf di home screen, maka akan keluar nama yang dimulai dari huruf tersebut dari kontak kita. Selain itu, kita juga bisa menyingkronkan kontak kita dengan YM, Facebook, dan BBM. Ini sangat menghemat waktu kita karena kita tidak perlu memasukkan detail satu per satu. Trackball dan Trackpad berfungsi seperti mouse pada PC, jadi sangat memudahkan kita untuk mengarahkan kursor. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan BlackBerry. Pokoknya, apa yang kamu dapatkan setara dengan biaya yang kamu keluarkan. :)

Satu lagi, dulu BIS benar-benar membuat BlackBerry spesial. Tapi sekarang sudah ada Nokia Data Plan, jadi, Nokia juga sudah keren banget kok. Selain itu, Nokia bisa kompatibel dengan lebih banyak aplikasi, dan modelnya juga beragam. Kalau masalah multimedia dan musik, menurut Mila, BlackBerry kebanting jauh jika dibandingkan dengan Nokia atau SonyEricsson.



Nah, bagaimana teman-teman? Mila di sini benar-benar pihak netral yang memang mencintai gadget, khususnya ponsel. Nah, sekarang Mila mau mencoba Android, dan Mila tertarik sama SmartPhone milik Dell. Tapi, Mila belum punya cukup uang. Doain ya, supaya Mila banyak rezeki. Hehe. Thanks for reading. :)



Love, Meela xx.

13 komentar:

  1. Ulasan yang bagus

    Pengen keliatan keren dan "banyak" temannya gunakan blekberi

    Pengen teknologi baru dan uprek2 software gunakan Android

    BalasHapus
  2. wah, makasih ya.. :D

    kalo ingin dua2nya beli semuanya!! hehehe.. ya kan?

    BalasHapus
  3. untungnya saya ga pengen yang bagian pertama hehehe...

    BalasHapus
  4. wah, berarti uda punya Android ya mas?
    emang kelebihannya Android apa sih Mas?
    setauku sih lebih banyak aplikasi gratisnya, kontaknya misa disync sama akun google, ada widget2 yang bisa dipilih sesuka hati di homescreen, trus lainnya ya standar smartphone, LED, pushmail, dll..

    BalasHapus
  5. di android sih banyak aplikasi penting sampe ga penting sama sekali hehehe

    android itu cocok buat orang2 yang IT freak dan ga haram juga bagi penggila fashion. enaknya tiap orang bisa membuat aplikasi sendiri dan diaplod di Android market

    BalasHapus
  6. owalah..
    wah, pengen deh, sementara ini Android yang paling murah, tapi kagak jelek-jelek amat apa ya Mas?
    Aha Touch? :D

    BalasHapus
  7. Banyak pilihan sekarang level 2 juta kebawah ada Samsung Galaxy 5, Soner Xperia X8, LG lupa serinya, atau si AHA tuh

    BalasHapus
  8. Paling menarik yang mana ya mas?
    yang kira-kira sesuai dengan harganya?

    BalasHapus
  9. Semua menarik dek, yang aku tau Samsung dan Soner itu.. untuk gambar dan suara Soner menang cuman untuk aftersales Soner parah banget

    BalasHapus
  10. @Meela: Mantav,,ulasan yang adil.
    dan kyknya tetap pilih Robot Hijau ketimbang Blekberi.

    @Danu: kyknya anda jago Linux ya..he.he, tulisan anda mengenai sistem direktori linux membuat saya tertarik dgn linux.
    kbetulan saya baru pake/uprek2 Android dari Samsung Galaxy Ace.

    BalasHapus
  11. @Mura Fishing Club (kaya club pancing aja :D )
    wew jago linux..?? saya lebih jago ngetik koq :P
    sama neh handset kita "Let's become an Ace" hehehe

    BalasHapus
  12. eh eh berapa sih harga smart phone miliknya DELL itu?

    BalasHapus
  13. @Mura Fishing Club: saya juga sebenernya lebih suka Android. tapi, kalo boleh jujur sih, Blackberry itu lebih mudah digunakan. sampek Ayah saya yang "tempoe doeloe" aja bisa menguasai Blavkberry. hehe.

    @Anonim: saya juga kurang tau harganya sekarang berapa. hehe. :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...