Selasa, 25 Januari 2011

Pemanasan Global, Fakta atau Isu?



Kemarin Mila baca status salah satu teman Mila di facebook, katanya seperti ini: "yang percaya sama berita2 ngarang kaya global warming, 2012, dsb. Kasian bgt.. Itu semua cuma akal2an Yahudi, mreka ingin manusia was-was kemudian aqidahnya rusak, kmudian mnjadi syirik krna lbh pcy pada ilmuwan,riset,sampaaai peramal darip...ada dg apa yang telah di tuliskan dg JELAS di Al-Qur'an.."

Mila, yang emang bisa dibilang awam masalah ini tu jadi penasaran, trus Mila browsing deh. Pertama Mila cari tahu, sebenarnya Pemanasan Global atau Global Warming itu apa sih? Menurut Wikipedia.org, Pemanasan Global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Untuk lebih jelasnya tentang Pemanasan Global silahkan dibaca di SINI.

Menurut Wikipedia.org, penyebab Pemanasan Global antara lain adalah efek rumah kaca, efek umpan balik, dan variasi matahari. Wah, makanan apa pula itu? :D Pemanasan Global sendiri akan menyebabkan iklim menjadi tidak stabil atau biasanya kita sebut dengan perubahan iklim global, peningkatan permukaan air laut, peningkatan suhu global, gangguan ekologis, dan juga akan menimbulkan dampak sosial dan politik.

Ternyata, para ilmuan pun juga memiliki pendapat berbeda-beda dari Pemanasan Global ini, dan akibatnya, banyak terjadi perdebatan tentang Pemanasan Global. Ada beberapa ilmuan yang tidak setuju dengan isu tersebut, ada pula yang setuju. Namun, pada kenyataannya, peningkatan suhu bumi dari tahun ke tahun tidak terlalu signifikan. Selain itu, siklus alami dari manusia sebenarnya secara alami juga akan mengakibatkan perubahan iklim secara global.

Sebelumnya, Mila juga pernah mendapat mata kuliah Klimatologi, dan di mata kuliah itu Mila dan teman-teman Mila membahas masalah Pemanasan Global ini. Kami mendiskusikan masalah ini dari segi Klimatologi, karena sebenarnya Pemanasan Global itu sesuatu yang logis. Hal yang paling banyak dibahas saat kuliah itu adalah Efek Rumah Kaca. Diagram ini akan menjelaskan apa itu Efek Rumah Kaca.



Sebenarnya, Eefk Rumah Kaca nggak ada hubungannya sama sekali dengan rumah kaca atau glass house ya. Efek rumah kaca itu terjadi karena saat cahaya matahari masuk kedalam atmosfer, sebagian cahaya matahari dipantulkan kembali, sebagian diserap oleh bumi, dan sebagian lainnya dipantulkan. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut sebagian dapat keluar dari atmosfer, namun sebagian lainnya terjebak dalam atmosfer bumi akibat adanya gas rumah kaca. Apa itu gas rumah kaca, bisa dilihat disini. Yang termasuk gas rumah kaca antara lain adalah uap air, karbondioksida, metana, nitrogen oksida, dan gas-gas lainnya.

Pemanasan Global akan menyebabkan perubahan iklim global. Sebelumnya, kita mengetahui bahwa iklim itu terbagi menjadi tropis, subtropis, sedang, dan kutub. Mereka inilah yang disebut dengan iklim makro. Iklim makro tidak dapat berubah. Namun, yang mengalami perubahan adalah iklim mikro dan iklim meso. Iklim mikro adalah iklim yang berada disekitar organisme, sedangkan iklim meso adalah kondisi atmosfer dengan jarak 1-2 km dari suatu wilayah. Sekarang ini, apakah teman-teman merasakan cuaca kita sering tidak menentu? musim kemarau dan musim penghujan tidak lagi pada bulan-bulan yang biasanya. Nah, itulah yang disebut dengan perubahan iklim. Dan karena perubahan iklim ini terjadi hampir di seluruh belahan bumi, maka disebut dengan perubahan iklim global.

Jadi, kalau menurut Mila Isu Global Warming itu bukan akal-akalannya Yahudi kok. Tidak bisa dipungkiri, orang Yahudi memang diberi kepintaran yang lebih, mungkin mereka memang sudah melakukan penelitian sejak lama. Tidak ada salahnya kan kita berjaga-jaga? Kalau pun Pemanasan Global tidak benar-benar terjadi, toh, kita juga nggak akan rugi. :)

P.S: Semua gambar nyomot di Google Images. Maaf. Hehe.


Love, Meela xx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...