Kamis, 23 Desember 2010

Kenapa Gue Ngeblog?

Bisa dibilang blog Mila ini ga bagus-bagus amat, isinya ga berbobot, bahasanya ga tertata dengan rapi, dan banyak kekurangan lain yang dimiliki blog Mila ini. Tapi, buat Mila, blog ini bisa menyimpan kenangan-kenangan Mila. Meskipun Mila ga nulis setiap detail kegiatan yang Mila lakuin, tapi, seenggaknya, tulisan-tulisan geje Mila bisa membangkitkan kenangan yang telah lalu. Haha. :D

Kadang Mila iri sama blognya orang-orang yang buagus banget, yang pengunjungnya banyak, yang ratingnya tinggi, yang keren-keren pokoknya. Tapi, buat apa lah iri? This is Mila. Kalo Mila blognya ya gini, terserah orang-orang kayak gimana. :)

Kalo kamu? Apa alasan kamu ngeblog? :)

Rabu, 22 Desember 2010

Catatan Akhir Tahun

Sebenernya Mila ga punya bahan yang bisa diceritain, tapi Mila lagi pengen nulis! haha. Enaknya Mila nulis tentang apa ya? Ok, karena sekarang bulan Desember, artinya, sebentar lagi tahun baru, jadi Mila mau bikin semacam catatan akhir tahun gitu. Sebenernya Mila mau bikinnya pas kemaren tahun baru Hijriyah, soalnya kan Mila orang Islam, tapi sayangnya pas kemaren itu Mila lagi super sibuk karena banyak tugas, laporan, praktikum, dan kawan-kawan. Baiklah, ayo kita mulai!


Dimulai dari bulan Januari! hemm, bulan januari Mila ngapain ya? (satu jam kemudian.. dua jam kemudian.. tiga jam kemudian.. SEBULAN kemudian.. :D) waduh, Mila uda lupa apa aja yang sudah Mila lakukan. haha. So how? Dilanjutkan gak nih nulisnya? :D


Hemm, Mila mau cerita tentang kegiatan baru Mila aja deh, yaitu sebagai Asisten Praktikum. Sebenarnya Mila maunya jadi asisten praktikum genetika, karena Mila uda cinta mati sama genetika, tapi karena beberapa hal, akhirnya Mila ga daftar jadi asisten genetika, tapi daftar jadi asisten DPT (dasar perlindungan tanaman). Alasannya karena Mila pengen masuk HPT. Supaya ilmu tentang DPTnya ga hilang dan bisa nambah-nambah ilmu, sekalian mengamalkan ilmu, dan dapet uang juga cuy! Asik bukan? haha.

Praktikan Mila ada 22 orang. Tapi Mila ga mau cerita tentang praktikan Mila. Kenapa? Karena jaman sudah canggih, dan sewaktu-waktu mereka bisa baca tulisan Mila ini, dan bakal kesebar gosip di kampus deh. :D (kebanyakan nonton sinetron nih..)


Ngomong-ngomong tentang sinetron, Kemilau Cinta Kamila uda TAMAT! dan Mila ga nonton episode terakhirnya sampe abis, karena keburu ngantuk. Jadi, sia-sia belaka selama ini Mila nonton Kamila, padahal cuma ngejar endingnya, eh ternyata, malah ga nonton! Nyesel banget dah! Mila jadi ga tau gimana kelanjutan kisah cinta Kamila dengan Kak Fadil, gimana Kak Tofan, gimana Eyang, gimana Edo, gimana Kaffa, gimana Papa Haris dan Mama Laras. Arrgh. Sedih. :'(


Sekarang Mila jadinya kalo begadang ga ada yang nemenin deh, soalnya Kamila udah tamat. Hikshiks. :(


Ah, apaan si ini. Kok curhatnya ga mutu banget! :D


Mila mau cerita tentang Ivan, tapi males ah, soalnya Ivan uda tau blognya Mila, malahan semua tulisan Mila dibaca sama Ivan. Mila malu banget jadinya. Sekarang Mila ga mau cerita-cerita Ivan lagi deh. Haha. Kecuali kalo terpaksa sih. Dan sekarang ga kepaksa jadi Mila ga cerita. :D


Btw, hape Mila di kamar, smsnya Ivan belom dibales, kasian Ivan nungguin balesan dari Mila, yauda, Mila udahan dulu ya nulisnya. :)


Makasih uda sempetin baca. Semoga anda terhibur. Amin.


Busway, SELAMAT HARI IBU ya. :)


Salam buat Ibu anda dan semua calon Ibu di dunia. :)


Ga tau kenapa hari Ibu tahun ini kayaknya kok meriah banget ya? hehe. Bahkan Mila dapet banyak SMS. Emang Mila Ibu-ibu apa? =="


Yasudah, sudah ya, ada suara-suara aneh nih. Mila jadi takut.



Bye.

Love, Meela xx.

Minggu, 28 November 2010

Jumat, 17 September 2010

LEBARAN!

Wah, waktu benar-benar berjalan dengan sangat cepat. Nggak kerasa tiba-tiba udah bulan Ramadhan lagi, dan sekarang sudah LEBARAN lagi. Padahal, rasanya baru kemaren lebaran tahun lalu.

Lebaran tahun ini Mila dan keluarga mudik ke Jakarta, mengunjungi keluarga-keluarga Ibu di sana.

Sehari sebelum lebaran, pagi-pagi setelah sholat shubuh, makan pagi, dan mandi-mandi, Mila dan keluarga memulai perjalanan panjang itu.



















Ah, setelah dipikir-pikir, lebaran Mila tahun ini biasa-biasa aja! Jadi bingung mau ceritain apanya?????? Dari lebaran kemarin yang paling seru adalah ------> ke Ancol dan ke Monas. Nggak banget kan. =="

Dan Ancol dan Monas saat lebaran SANGAT RAMAI! Jadi, bete deh. Mana panas. Keringetan. Capek. Yang paling seru aja ngga seru banget. Apalagi yang lain? Ya kan? Yaudah, kalo gitu Mila ngga jadi cerita deh.

Btw, Anyway, Busway, Homework Mila untuk liburan lebaran sangat banyak, dan banyak yang belum Mila kerjakan. Mengenaskan sekali bukan? Sekarang Mila malah asik twitteran! Gobl*k banget kan? =="

Abisnya, mau ngerjain tugas Mila ngga mudeng sama tugasnya, jadi ya ngga bisa ngerjain. Huff, menyedihkan. Mengenaskan. Memalukan. Menakutkan. :(

Doh, ini adek Mila yang gendut dan seenaknya sendiri nangis-nangis mau make internet. Jadi Mila, sebagai kakak yang baik harus mengalah. Jadi ya, udahan dulu deh nulisnya. Tulisan kali ini benar-benar meaningless deh ya. Hahaha. Maafkan Mila. Hikshiks.

Love,

Meela xx.

Memories at Dieng

Dan, setelah lama Mila meninggalkan blog ini, Mila datang lagi. Tapi masih bingung mau cerita apa. karena terlalu banyak yang pengen Mila ceritakan. Haha. :D

Jadi, Mila mau posting foto-foto di Dieng aja kali ya? :)
Check this out deh..!





Dari atas ke bawah:
1. Patung apa ya? Gawat! Aku lupa namanya. :(
2. Pohon tumbang, tapi masih bisa bertahan hidup. Hebat! :D
3. Jalan setapak di sekeliling Telaga Warna. (Plus keluarga Mila nampang. :D)
4. Telaga Warna. Warnanya berasal dari ganggang, jadi sedikit kehijau-hijauan.
5. Pemandangan dari gardu pandang. Mau liat sunrise, sayangnya kabut terlalu tebal. :(

Dan terakhir, Mila kasih foto pemandangan dari Teater.
Hohoho. Gambar yang lainnya mana ya? Ilang kayaknya deh. Maafkan Mila. Hikshiks. :(

Minggu, 08 Agustus 2010

Mau Blackberry, Iphone, Ipod, dan lain-lain GRATIS?

Karena Mila lagi baik hati, Mila mau bagi-bagi informasi gimana caranya mendapatkan barang-barang bagus asli GRATIS TIS TIS.
caranya, join aja di Xpango. Caranya gampang. Begini:

Nah, sebelumnya, kalian harus REGISTER di: SINI!
Okeoke? Sudah mengerti kan? Gampang sekali bukan? Hoho. Jangan lupa ntar kalo uda dapet gadget yang kamu inginkan inget-inget Mila ya! :P

Love,


Meela xx.

Minggu, 11 Juli 2010

Dieng Plateau :)

Liburan kali ini Mila dan Keluarga Mila jalan-jalan ke Dataran Tinggi Dieng yang berada di daerah Jawa Tengah. Jalan menuju Dataran Tinggi Dieng berliku-liku. Ada berbagai jalur yang dapat di tempuh, tapi Mila lewat Wonosobo. Jalannya nggak kelihatan menanjak, tapi mobil terasa berat. Hehe. Awalnya kami cuma ingin melihat sunrise, karena, yang kami tahu Dataran Tinggi Dieng terkenal akan sunrisenya yang sangat indah. Awalnya kami berpikir, mungkin tidak jauh berbeda dengan Bromo.

Tapi, setelah kami sampai di lokasi, kami benar-benar dibuat takjub. Udara di sana benar-benar dingin. Kemudian kami mulai berkeliling untuk mencari penginapan atau hotel. Ternyata tidak, seperti yang kami harapkan, meskipun banyak terdapat "hotel" di sana, namun, yang dimaksud dengan "hotel" ialah rumah yang disewakan. Akhirnya kami minta bantuan orang di sana untuk mencarikan homestay, dan Alhamdulillah, kami dapat homestay yang lumayan memuaskan. Satu rumah dengan dua kamar tidur, satu ruang tamu yang bergabung dengan ruang menonton, dapur, dua kamar mandi, dan tempat sholat. Komplit hanya dengan 350 ribu, plus uang tip untuk ucapan terimakasih 25 ribu. Termasuk harga yang murah. Homestay kami pun dilengkapi dengan karpet di setiap lantai ruangan, sehingga kami tidak begitu kedinginan.

Kemudian, kami istirahat sebentar. Sekitar jam 1 siang, kami mulai berkeliling untuk melihat-lihat. Akhirnya kami memutuskan untuk mampir di pasar untuk membeli topi, syal, dan lain-lain yang dapat menghangatkan tubuh. Harganya standar, sekitar 10ribu, boleh ditawar. Kami juga membeli bunga Edelweis yang sudah dirangkai. Cantik sekali. Edelweis terkenal sebagai bunga yang tidak akan mati meskipun dicabut, dan merupakan lambang cinta. Heheh.

Setelah selesai belanja, kami mengunjungi candi Gatot Kaca. Sebenarnya di Dataran Tinggi Dieng, ada banyak sekali candi-candi peninggalan kerajaan Hindu, seperti candi Arjuna dan candi Gatot Kaca tersebut. Sebenarnya yang lebih menarik dari candi-candi itu sendiri ialah pemandangan di sekitar candi yang sangat indah. Pertanian di sana sudah termasuk modern, dan juga tertata dengan rapi. Pokoknya sangat indah!

Kemudian kami berjalan-jalan hingga sore tiba, dan kembali ke homestay untuk istirahat (lagi).

Hari berikutnya, subuh-subuh kami bergegas menuju gardu pandang untuk melihat indahnya sunrise. Namun sayang, kabut sedang tebal, sehingga kami tidak dapat melihat matahari dengan jelas. Gardu pandang saat itu sangat ramai. Kami sempat berdesakkan dengan turis-turis lain yang juga ingin melihat sunrise.

Setelah itu kami menuju DPT (Dieng Plateau Thater), namun sayang, kami terlalu pagi, DPT masih tutup. Kemudian kami memutuskan untuk pergi ke Telaga Warna, dari luar terlihat biasa saja, namun, ternyata di dalam SANGAT INDAH. Pertama kami melihat telaga warna, yaitu telaga atau danau yang dikelilingi gunung-gunung tinggi, yang warna permukaannya hijau. Sebenarnya warna tersebut berasal dari ganggang hijau, namun, tetap saja, INDAH. :)

Untuk masuk ke Telaga Warna, kami harus membayar 5 ribu rupiah per orang, dan kami dapat menikmati: Telaga Warna, Telaga Cermin, Goa Semar, Goa Sumur, dan Goa Jaran. Kedua Danau benar-benar indah, dan goa-goanya sangat menakutkan. Hehe. Nanti kalau sempat Mila upload gambar-gambarnya deh.

Setelah itu kami pergi ke DPT, bisa jalan, bisa naik mobil juga. Tapi, Mila, Ibad, dan Ayah memilih untuk jalan, dan yang lain naik mobil. Ternyata jalannya cukup jauh dan menanjak. Tapi pemandangannya indah (sedikit horor).

Di DPT, kami diputarkan film tentang Dieng Plateau, termasuk tentang bencana yang pernah terjadi di sana di Tahun 1979 yang menewaskan sekitar 140 jiwa. Pokoknya semua tentang dieng, dari letak geografis, kebudayaan, dan lain-lain dijelaskan.

Setelah itu kami keliling-keliling lagi, dan terakhir kembali ke homestay. :)

Pokoknya benar-benar liburan yang menakjubkan! Ayo, yang pengen ngerasakan salju silahkan datang ke Dieng Plateau saat bulan Agustus! Tapi siap-siap kedinginan yaaa! Hoho.

Love,



Meela xx.

Kamis, 01 Juli 2010

Daisy Path

Daisypath Anniversary tickers

A Message from Someone that is Really Missing You, Boy!

Hey, I can’t sleep well this night. I don’t know why. But, there’re questions in my head. Am I happy today? Yesterday? This week? Last week? This month? Last month? This year? Last year? What the hell is happy? Will I be happy? Forever? What will make me happy? Who? When? Where? What will it do to make me happy? Will I really happy? Oh, Allah, there’re too many questions. And I don’t know the best answer for them.

You know? I miss you, so much. But, I don’t know what kind of you I miss? Why do I miss you? Since when? Till when? Will it last forever? Oh, Allah, no please. Missing you makes me sick, boy. When we met last month (as I remember) what did we do? Why do I so want it to come again? What about you? Do you feel the same? No? Yes? Don’t know?

Anyway, those questions make me think. There’s only me in this relationship. No you. Where’re you? You’re gone. You’re not here. You’re just a past. Do you think what I think is right? No? Yes? Don’t know? Oh, Allah, I don’t even know you. What will you answer that questions? You never told me what you want. Everyone hopes and wants for things in life. Do you hope something, honey? For this relationship? From me? Don’t you want to meet me like I want it? Don’t you want me to be yours like I really want it? Don’t you want to come back here with me like I want it so much? Yes? No? Have no idea? :)

When you first sent me a message you made me confused. Now, I’m sorry for making you feel what I felt. Hehe.

There’re so much words I need to talk to you. Sometimes I just wanna text you. But, when you phone me, it all just disappear. So, I don’t say anything.

Our relationship (now) is just an sms-type. I enjoy it. But, when you phone me sometimes, I don’t know what to do. And when you come to my house, I don’t know us, I don’t know what should I do, what should I talk, I don’t know how to serve you. Like a friend? Old friend? College friend? Or just a boy I know? Or boyfriend? Or Ex-boyfriend? Haha. The last is right I think. Do you know how an ex-girlfriend serves her ex? Give me a tip please. What does she talk about? How is her face? Smiling? Or just flat?
I’m not angry. I just want to talk. Maybe, I need no answer. I think you don’t know the answer. :D

That’s all up to me. Is it right? I can answer anything I want. Cause there’s only me. :D

I am not crying. Allah is so fair. Much smile much cry. No smile no cry. :)

I love you. You never say you love me because I think you don’t love me. Have ever been in love? Yes? How did it feel? When she said she loved you? When she smiled at you? When she kissed you? When she touched you? When she held you in her arm?

Or, you have never been in love? What is love for you? Do you believe in love? Do you think you can be happy or sad because of love? Do you think love (a girl) is important? Do you think love is a big thing? Nope?

Everybody needs affection, honey.

Since February, I never cried because of you. You’re doing well. Sometimes I cried when I remember my past. Sometimes I regret all I have. Sometimes I am happy for what I have, though it isn’t what I want. Life is complicated. Agree?

Breaking a girl heart isn’t a crime. But, it’s so bad. If you think you’re gonna break it just don’t take it. Be careful with a girl heart. It looks great. But inside, it’s so weak. Whatever girl it is.
Someday you’ll see, love is not just like that what you think. It’s bigger. And it’s not only about connection. People do have connection with others. But, love is bigger than that. I am not a mature. I just know that.

You’re a different man. You said people changed. Yes. Agree. But you’re different.
You have times for doing anything but meeting me. I’m your very last person in your life. When you’re done with others, then you come to me. I understand it. I’m not angry. I just miss. :)

If you don’t wanna make a girl sad, don’t ever make her happy.

You’re so great. People like you. Whatever you do.

… (This part is kind of secret)

Good night. WassalamualaikumWrWb.





Meela, 20:06:2010 02:56

June!

It's July, but, I'm writing about June.. :)

June, there's nothing special in that month, but, there're some stories I would like you to know that. Those are the stories about Meela and Ivan. :)) (I'm sorry if you are getting bored with this kind of story, if you are not interested, just leave it! okay?)

Bulan Juni, Mila sama Ivan cuma ketemu SATU kali. Setelah satu bulan lebih nggak ketemu, akhirnya Ivan dateng ke rumah. Dan, kami bersenang-senang, meskipun cuma sebentar, tapi kami benar-benar memanfaatkan pertemuan kami itu. Kami bahagia. :)

Setelah pertemuan itu, wah, Ivan semakin romantic. :D. Romantic gimana? Ivan sekarang sering panggil Meelaku (Meelaq), Sayangku (Sayangq), Meelaku sayang (Meelaq sayang), Meela yang cantik, dll. Yaampun, so sweet banget kan ya? :). Bahagia banget Mila dipanggil dengan panggilan seperti itu, karena memang uda lama banget ngga ada yang manggil Mila dengan panggilan-panggilan romantic seperti itu. :(. But, I'm happy now!

Masalah pasti tetap ada, masalah ringan, masalah berat, masalah sedang, pasti mereka akan muncul. Tapi, Alhamdulillah, Mila dan Ivan bisa melalui semuanya dengan lancar. Kami belajar banyak sekali dalam berhubungan. Kami sudah bisa mengesampingkan ego masing-masing. Sehingga kami bisa bertahan, bersama-sama, hingga sekarang. Meskipun kami tidak selalu bertemu, meskipun hubungan ini hanya terjalin lewat barisan-barisan huruf di handphone, tapi cinta ini sungguh besar, cinta Mila, dan cinta Ivan. Kami saling menjaga cinta ini. Saling menjaga hati ini. :)

I know, our love will last forever. But, in this relationship, there's not only us, but there're my family and his family. We do have mission, we just formulate the vision. People, wish us luck ya. Wish us the best, and we wish you all the best too. :)

Minggu, 30 Mei 2010

Mengenal Hama Penting Tumbuhan

Pada suatu ekosistem pertanian ada serangga yang setiap tahun merusak tanaman sehingga menimbulkan kerugian yang cukup besar, ada serangga yang populasinya tidak begitu tinggi tetapi merugikan tanaman pula bahkan ada serangga yang populasinya sangat rendah dan kerusakan yang diderita tanaman kurang diperhitungkan. Untuk mengendalikan hama pada tanaman tertentu dengan tepat, sebelumnya kita perlu mengetahui status hama tersebut, apakah ia termasuk ke dalam hama primer atau major pest¸ hama sekunder atau secondary pest, atau migratory pest atau hama migrasi.

Beberapa Pengertian Hama penting yang saya dapat dari berbagai sumber antara lain ialah:

1. Hama penting ialah hama yang populasinya selalu tinggi dan dapat menyebabkan kerugian pada tanaman yang dibudidayakan.

2. Key pest atau hama utama ialah hama yang selalu muncul pada setiap musim tanam. (Rahardjo, 2010)

3. Hama penting ialah spesies hama yang selalu muncul pada tanaman yang dibudidayakan dan populasinya menimbulkan kerusakan dan kerugian secara ekonomi.

4. Hama utama atau hama primer ialah jenis hama yang pada saat tanam jenis tanaman tertentu selalu ada dan menimbulkan kerugian.

5. Hama penting ialah segala spesies hama yang selalu ada atau muncul pada suatu tanaman yang dibudidayakan tersebut.

Pada tanaman jagung, salah satu hama pentingnya ialah Penggerek Batang Jagung (Helicoverpa armigera). Ngengat betina hama ini meletakan telur pada rambut tongkol atau daun muda secara sendiri-sendiri, seekor ngengat dapat meletakan telur sampai 1000 butir dan stadium telur antara 2-5 hari. Setelah menetas larva bergerak kebawah menuju tongkol clan menggerek bagian ujung atas tongkol. Selanjutnya larva bergerak makin kebawah dan memakan biji-biji muda hingga menjelang pupa. Larva berambut pendek dan mempunyai sifat kanibal, sehingga umumnya hanya dijumpai satu ekor larva da1am satu tongkol. Stadium larva berlangsung selama 17-24 hari dan terdiri dari 6 instar. Menjelang pupa larva keluar dari ujung tonggol atau lubang yang telah dipersiapkan menuju tanah dan membentuk pupa si dalam tanah. Stadium pupa berkisar antara 12-14 hari. Imago tidak tertarik terhadap cahaya lampu minyak biasa tetapi tertarik terhadap cahaya lampu.

Imago betina akan meletakkan telur pada silk jagung dan sesaat setelah menetas larva akan menginvasi masuk kedalam tongkol dan akan memakan biji yang sedang mengalami perkembangan. Infestasi serangga ini akan menurunkan kualitas dan kuantitas tongkol jagung.

Pengendalian yang dapat dilakukan ialah dengan:

a. Pergiliran tanaman dengan tanaman bukan inang.

b. Saat pembentukan bunga/buah serempak.

c. Pengumpulan dan pemusnahan larva yang mudah diambil.

d. Pengendalian dengan penyemprotan insektisida efektif apabila ditemukan 3 tongkol rusak per 50 tanaman atau aplikasi insektisida butiran didaerah kronis/endemis pada saat menjelang berbunga.

Sedangkan pada tanaman kopi, kita mengenal adanya hama Hypothenemus hampei atau penggerek buah kopi. Imago bubuk buah kopi masuk ke buah kopi melalui diskus, kemudian ke endosperma. Serangan pada buah - buah muda hanya untuk keperluan makan bagi imago yang dapat menyebabkan buah gugur dan busuk. Serangan pada saat buah mulai mengeras selain menggerek buah dan memakan biji kopi, bubuk buah juga berkembang biak didalam biji. Sehingga biji menjadi berlubang-lubang, cacat dan busuk.

Pada tomat, kita mengenal kutu kebul, (Bemisia tabaci Genn.), berikut ialah cirri-ciri dan bioekologi kutu kebul:

1. Ciri-ciri:

a. Telur : Telur serangga memiliki ukuran panjang 0,2 mm dan 0,1 mm bulatnya.

b. Nimfa : Nimfa terdiri atas tiga instar. Instar ke - 1 berbentuk bulat telur dan pipih, berwarna kuning kehijauan, dan bertungkai yang berfungsi untuk merangkak. Nimfa instar ke - 2 dan ke - 3 tidak bertungkai, dan selama masa pertumbuhannya hanya melekat pada daun.

c. Imago : Imago berukuran kecil antara (1 - 1,5 mm), berwarna putih, dan sayapnya jernih ditutupi lapisan lilin yang bertepung.

2. Bioekologi:

Telur-telurnya diletakkan di permukaan daun bagian bawah. Masing-masing serangga betina secara acak meletakkan telur sebanyak 50 hingga 400 butir telur (dengan rata-rata 160 butir). Telur yang baru diletakkan berwarna kuning-keputihan selanjutnya berubah warna menjadi agak kecoklatan dan akan menetas setelah tujuh hingga 10 hari. Setelah telur menetas serangga memasuki empat fase nimfa sebelum akhirnya menjadi imago (dewasa). Stadium nimfa rata-rata 9,2 hari. Serangga dewasa biasanya berkelompok pada bagian permukaan bawah daun, dan bila tanaman tersentuh biasanya akan berterbangan seperti kabut atau kebul putih. Lama siklus hidup (telur - nimfa - imago)rata-rata 24,7 hari Dewasa.

Berikut ini beberapa gambar dari beberapa jenis hama dana gejala yang ditimbulkannya:

1. Scirpophaga innotata




2. Riptortus linearis


3. Thrips sp.



4. Plutella xylostella


5. Chilo auricilius


(Berbagai sumber)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...