Sabtu, 26 Februari 2011

Oreo Gerong (Baca: Goreng)

Sapa sih yang nggak tau Oreo? Semua orang dari anak-anak hingga dewasa pasti tau makanan yang satu ini. Sandwich Biskuit ini sangat terkenal dengan cara memakannya yang "diputer, dijilat, dicelupin". Hampir di semua belahan dunia, orang-orang memakan Oreo dengan cara tersebut. Tetapi, selain dimakan dengan cara seperti itu, Oreo juga banyak dijadikan sebagai bahan campuran makanan, seperti Mc Flurry.

Ternyata, Oreo juga bisa dijadikan sesuatu yang berbeda loh, yaitu Oreo goreng atau Fried Oreo. Cara membuatnya cukup mudah dan cepat. Nanti akan Mila jelaskan caranya. Resep Oreo Goreng sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, tapi Mila baru tahu dari teman SMA Mila yang namanya Meta. Alhamdulillah, ada manfaatnya juga punya banyak teman yah.

Pertama, kita harus menyiapkan bahan-bahan serta alat yang diperlukan. Apa saja bahan dan alat yang diperlukan? Ini dia:
Bahan:
1. Tepung terigu 250 gram
2. Baking powder 1/2 sendok teh
3. Gula pasir 5 sendok makan
4. Garam secukupnya
5. Susu cair 150 ml
6. Mentega cair 2 sendok makan
7. Telur ayam 1 butir
8. Oreo 1 bungkus
9. Minyak zaitu secukupnya

Alat: alatnya standar aja lah ya. :D




Setelah semua alat dan bahan siap, kemudian langkah-langkahya adalah:
1. Campur tepung terigu, baking powder, gula dan garam, aduk rata.
2. Masukkan telur, kemudian aduk rata.
3. Masukkan susu cair, kemudian aduk rata.
4. Masukkan mentega cair, kemudian aduk rata hingga adonan lembut dan tidak ada gumpalan-gumpalannya, teksturnya seperti susu kental manis, kalau terlalu kental bisa ditambah susu cair.
5. Panaskan minyak zaitun di atas penggorengan.
6. Masukkan oreo ke dalam adonan, kemudian goreng hingga kecoklatan.
7. Oreo Goreng siap disantap.

Bagaimana? Mudah sekali bukan. Oreo Goreng mantab disantap saat hangat. Fisikly agak mirip pisang goreng. Tapi rasanya sama sekali berbeda. Oreonya menjadi lunak dan creamnya melting. Tapi, rasa Oreonya memang sangat dominan, dan rasanya sangat manis. Kalau takut enek, bisa ditambahkan parutan keju cheddar. Tambah mangstabs deh.



Ayo dicoba. Dari pada bengong nggak ada kerjaan. :)

Love, Meela xx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...