Minggu, 02 Oktober 2011

It's October 2nd -- Batik Day

2 tahun yang lalu, tepat tanggal 2 Oktober, UNESCO, Lembaga PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya, menetapkan batik sebagai warisan budaya dari Indonesia dan menetapkan tanggal tersebut sebagai hari batik sedunia. Pada hari itu, warga Indonesia beramai-ramai memakai batik ke kantor, kampus, sekolah, mall, pasar, dan lain-lain. Mereka (dan Mila) begitu bersemangat dan berbangga karena salah satu kebudayaannya yang sangat membanggakan telah diakui oleh dunia--sebelum diakui oleh tetangga sebelah.


Batik Solo

Setahun kemudian, di tanggal yang sama, orang-orang juga masih bersemangat memperingati hari batik sedunia tersebut. 2 Oktober 2010, tak berbeda jauh dari 2 Oktober 2009, kampus tercinta penuh dengan manusia-manusia berbatik. Bukan hanya kampus, mall, pasar, angkot, terminal, dan di seluruh penjuru kota, banyak sekali orang yang mengenakan batik.

Batik Cirebon

Sayangnya, selebrasi yang seperti itu tak terlihat tahun ini. Mungkin karena 2 Oktober 2011 ini bertepatan dengan hari Minggu. Tidak banyak orang yang beranjak dari rumah. Kalau pun mereka pergi, mungkin mereka akan mengenakan pakaian yang lebih santai. Meskipun demikian, semoga rasa cinta kita terhadap bangsa kita dan kebudayaannya, dalam hal ini batik, tidak berkurang sedikit pun.

Batik Pekalongan

Mila sendiri hari ini juga nggak keluar rumah dan nggak pakai batik. Tapi Mila tetap ingat bahwa tanggal 2 Oktober adalah hari batik sedunia, dan rasa bangga yang sama pada tanggal 2 Oktober 2 tahun silam muncul kembali.

Apa pun bajunya, SELAMAT HARI BATIK SEDUNIA, ya! :)

Meela dan  Ilfa, 2 tahun silam

Need more info about Batik? Visit Indonesian Batik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...