Kamis, 14 Juli 2011

The Power of Social Networking

Sekali lagi Mila mengalami satu hal yang menunjukkan bahwa kekuatan dari jejaring sosial itu sangatlah dahsyat. Hari ini Mila berencana membantu kakak Mila berjualan tiket pesawat secara online. Nah, karena siang itu pelanggan kakak Mila tidak begitu banyak, Mila memutuskan untuk melakukan promosi melalui jejaring sosial, termasuk Facebook dan Twitter. Di Twitter, Mila mempromosikan jasa Mila melalui akun @infomalang, @infobatu, dan @infoMLG. Ketiga akun tersebut memang sangat membantu dalam hal mencari informasi dan juga dalam hal mempromosikan barang dan jasa. Namun, Mila tidak membayangkan kekuatan dari jejaring sosial akan sehebat yang Mila alami tadi siang.

Selang beberapa menit setelah Mila melakukan promosi tersebut, tiba-tiba Yahoo Messenger Mila mendapatkan banyak sekali invitation. Mila tidak tahu pasti jejaring sosial mana yang paling berpengaruh, tetapi Mila benar-benar mengakui kekuatannya.

Meskipun tidak semua dari mereka membeli tiket, sebagian besar dari mereka hanya menanyakan harga tiket atau hanya menginvite Yahoo Messenger Mila. Tapi itu tidak masalah. Mungkin besok atau lusa mereka akan membeli tiket pesawat.

Jejaring sosial memang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Dewasa ini, orang tidak perlu pergi ke pasar untuk menjual barang mereka. Mereka juga tidak perlu membuka kios untuk memajang barang atau membuka stan untung menjajakan jasa mereka. Mereka dapat membangun pasar, kios, maupun stan mereka sendiri di internet, lebih khususnya di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Selain Facebook dan Twitter, Indonesia juga memiliki suatu forum diskusi dan jual beli yang sangat terkenal, yaitu Kaskus. Siapa yang tidak tahu Kaskus? Bisa dibilang sekarang Kaskus adalah kiblatnya berita. Bahkan banyak sekali artis-artis yang bisa menjadi tenar berkat adanya Kaskus.

Disamping segala kelebihan dan keuntungan yang dimiliki oleh jejaring sosial, ia juga memiliki sisi negatif. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar dalam menggunakannya. Jangan terlalu membuka hal-hal yang bersifat privasi di jejaring sosial. Jangan terlalu percaya pada orang-orang yang baru anda kenal di jejaring sosial.



Jadilah pengguna jejaring sosial yang cerdas!

Love, Meela xx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...