Jumat, 27 Mei 2011

Jadi Asisten Tiga Mata Kuliah?

Assalamualaikum, Dunia!

Mila belom cerita kan ya? Kalo semester ini, Mila jadi asisten praktikum 3 mata kuliah sekaligus! Dasar Perlindungan Tanaman, Pemuliaan Tanaman, dan Bahasa Inggris. Untuk Dasar Perlindungan Tanaman, ini sudah kali kedua Mila menjadi asisten praktikum, jadi Mila sudah sedikit terbiasa. Kalo untuk Pemuliaan Tanaman, baru kali pertama, tapi karena Mila interested sama Pemuliaan Tanaman, Mila jadi nggak begitu kagok. Untuk Bahasa Inggris, ini benar-benar pengalaman yang Wow!

Ya, Mila memang sangat interested sama English, tapi, jadi asisten praktikum English adalah sesuatu yang nggak pernah terbayangkan sebelumnya. Mila sendiri juga ngerasa apa yang Mila miliki masih belum pantas untuk menjadi seorang asisten praktikum English. Tapi, nasi sudah menjadi bubur. Jadi, Mila berusaha sebaik mungkin untuk menjadi asisten English yang baik dan benar.

2 praktikum sebelumnya sudah mau mendekati akhir, sementara praktikum English baru saja dimulai. Untuk DPT, Tinggal presentasi dan UAP. Sekilas curhat tentang praktikan DPT Mila boleh kan? Praktikan DPT Mila itu anak beda jurusan tapi masih satu fakultas sama Mila. Yaitu jurusan Agribisnis. Satu tahun di bawah Mila (mayoritas), tapi ada 3 praktikan yang lebih tua dari Mila. Praktikan mayoritas Mila anaknya campur aduk. Ada yang rajin, ada yang aktif, ada yang songong juga. Tapi mereka lebih penurut dari pada praktikan PT. Mereka kalau disuruh A ya A, kadang-kadang mereka nggak menuruti sih, tapi mereka nggak membantah omongan Mila. That's the positive side of my DPT's students. Tapi, negatifnya adalah, saat postest dan mengerjakan laporan dan tiket masuk, hampir 75% dari mereka penganut paham copy paste. Mila paling nggak suka sama orang yang hobinya copy paste! Kasian yang dicopy, keenakan yang memaste! Jadi, buat praktikan yang un-copypaste-type, Mila kasih nilai yang lebih tinggi dari mereka yang copypaste-type.

Kalau praktikan PT, jujur, kekompakan mereka lebih terasa. Tapi, ya kadang-kadang kompaknya negatif. Masak, Mila disms 10 sms yang sama pada jam, menit, dan detik yang sama. Gimana Mila nggak kesel coba? Trus mereka nggak mau dikasih tugas ataupun postest. Mila sih nurutin mereka aja. Toh, posisi Mila hanya sebagai asisten yang mendampingi mereka dalam memahami PT secara lebih mendalam. Tapi, jangan salahkan Mila kalau nilai mereka juga kurang. Dibalik kekompakan negatif mereka itu, mereka anaknya bersemangat dan menyenangkan (nggak semua sih). Jadi, kalau selesai ngasisteni PT, jadi semangat dan badmood hilang. Sayangnya, praktikum PT sudah berakhir, tinggal UAP saja. I'll miss my students soon. :(

Nggak seperti DPT dan PT, kalau English, Mila masih belum mengenal praktikan Mila. Jelas aja, kan masih baru satu kali pertemuan. Itu pun nggak semuanya dateng. Tapi, sekilas sih, kayaknya mereka juga termasuk kategori "praktikan baik-baik" deh. Semoga saja.

Begitulah sekilas curhat tentang praktikan-praktikan Mila. Bukannya mau pamer atau apa sih. Mila pengen berbagi kisah aja sama teman-teman di luar sana. Jadi asisten praktikum itu enak lo. Tapi, kalau jadi asisten, jangan terlalu "ngebosi". Praktikan juga manusia. Jangan dieksploitasi seenaknya. Apalagi dikasih tugas banyak-banyak. Terus laporan masih juga ACC---. Kan kasian mereka. Ups, maaf, ini kayaknya bagian dari curcol Mila juga. Cut cut cut!!

Sekian dulu deh curhatan Mila. Meskipun geje, semoga bermanfaat buat yang membaca. Amin. At last but not least, Mila berharap, apa yang Mila lakukan selama ini, khususnya dalam menjadi asisten, bisa bermanfaat buat orang lain, khususnya buat praktikan Mila. Semoga semuanya bisa mengerjakan soal UAP dengan lancar dan mendapatkan nilai yang bagus-bagus. Amin amin amin. Kurang baik apa asistem macam Mila gini? :DD

Love,
Meela xx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...