Rabu, 05 April 2017

Gendongan Bayi?

Masih tentang gendongan bayi. Kali ini, saya mau berbagi sedikit ilmu tentang gendongan bayi. Ternyata, selama ini saya melakukan kesalahan yang sangat besar. Ternyata saya salah berpikir bahwa gendongan bayi hanya sekedar soal kenyamanan. Ternyata saya salah banget memutuskan untuk membeli dan menggunakan baby carrier KW.

Jadi ceritanya, saya tertarik banget dengan gendongan yang dipakai oleh salah satu penyanyi wanita Indonesia yang baru melahirkan anaknya. Siapa lagi kalo bukan Andien. Nah, dari ketertarikan saya tersebut membawa saya pada akun Instagram @indonesian_babywearers. Indonesian Babywearers adalah komunitas pecinta gendongan Indonesia yang mempromosikan bagaimana cara menggendong yang baik dan aman untuk bayi dan balita.

Dari akun Indonesian Babywearers, saya jadi tahu bahwa gendongan yang baik itu gendongan yang ergonomis. Gendongan yang ergonomis itu yang seperti apa sih?
❤️ Gendongan yang bisa membentuk kaki bayi seperti huruf M
❤️ Gendongan yang bisa menyuport penuh tulang belakang membentuk huruf C
❤️ Gendongan ori, bukan KW

Dulu saya kemana-mana selalu menggendong anak saya menggunakan Ergobaby (KW ๐Ÿ˜ช) dan banyak orang yang bilang "kok kakinya ngangkang gitu sih? Kasian lo nanti jalannya ngangkang". Padahal, kalo kakinya lurus, artinya pahanya menggantung, anak dapat beresiko terkena hip dysplasia. Lebih lanjut tentang hip dysplasia bisa digoogle ya pemirsa.

Dan, dari akun tersebut saya juga tau berbagai macam gendongan bayi. Selama ini yang saya tau cuma gendongan kain atau jarik, gendongan tipe sling, gendongan tipe pouch (seperti yang saya review sebelumnya), baby wrap, dan baby carrier yang sebenarnya istilah yang tepat adalah SSC atau soft structure carrier. Ternyata baby wrap yang saya maksud sebenarnya bernama stretchy wrap. Sedangkan gendongan yang dipakai oleh Andien adalah woven wrap. Adalagi satu jenis gendongan yang saya baru tau, yaitu Bei Dai/ Meh Dai. Bei Dai/ Meh Dai mirip dengan SSC tetapi untuk mengencangkan gendongan dia menggunakan ikatan.

Gendongan-gendongan tersebut ternyata nggak semuanya bisa dipakai dari new born dan nggak semuanya bisa dipakai sampai toddler. Berikut adalah penggolongan gendongan sesuai usianya.
๐ŸŽˆStretchy Wrap: new born
๐ŸŽˆJarik/ Cukin/ Selendang: new born-5 years
๐ŸŽˆRing Sling: new born-5 years
๐ŸŽˆWoven Wrap: new born-5 yeras
๐ŸŽˆBei Dai/ Meh Dai: 4 months-5 years
๐ŸŽˆSSC: 4 months-5 years
๐ŸŽˆPouch: 4 months-5 years
Jadi, salah banget kan saya pake baby pouch buat gendong anak saya yang masih new born. Dan salah juga saya gendong anak saya pakai Ergobaby KW (padahal saya beli di babyshop lumayan bagus di kota saya).

Sepertinya mulai sekarang kalau jalan-jalan mau coba gendong anak saya pakai stretchy wrap atau kembali ke ring sling, atau mungkin mau coba pakai jarik. Ternyata pakai jarik ada caranya supaya ngga ribet lo. Tutorialnya bisa digoogle atau lihat di Instagramnya Indonesian Babywearers ya. Tapi kalo woven wrap kayak punya Andien kayaknya say bye bye dulu deh, mahal banget ya. Harganya sejutaan. Mau cari yang lokal mungkin ada yang lebih murah. Tapi pakai yang ada aja lah.

Kedepannya, kalau anak saya sudah 6 bulan mungkin akan beralih ke SSC. Secara menurut saya yang paling nggak ribet, simpel, cepet makenya, ya SSC. Jadi sekarang harus mulai nabung buat beli SSC yang ori. Pengennya beli Ergobaby lagi sih, tapi ngga tau nanti berubah pikiran apa ngga. Yang penting nabung dulu.

Buat Ibu-ibu yang mau beli SSC tapi ngga mau yang mahal-mahal, ada SSC lokal yang harganya miring, merk CuddleMe. Silahkan digoogle untuk info lebih lanjut, soalnya saya nggak jualan. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ *kalo tabungannya keburu kepake buat beli make up mungkin bakalan beli CuddleMe nantinya ๐Ÿ˜*

Selamat menggendong bayi!

Love,
Bunda Meela ❤️

1 komentar:

  1. Woven wrap merk ellevill dari norwegia lg promo di @wovenwrap.shop, tapi dy sistemnya preorder sih, jd lama nyampenya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...